-->

Onna-bugeisha

Pernah dengar istilah "Onna-bugeisha"? Ya, istilah ini mengacu pada para wanita (ibu rumah tangga, janda, hingga anak-anak) yang pandai memainkan senjata pedang. Dan tidak hanya sebatas bermain pedang, mereka pun dapat diikutsertakan ke dalam medan perang yang ganas jika dibutuhkan. Semacam Samurai, seperti kita kenal selama ini.

Walaupun, Onna-bugeisha ada sebelum ada kelas Samurai, para petarung Jepang dilatih untuk menggunakan pedang dan tombak. Selain agar dapat melindungi keluarga, mereka juga harus memperjuangkan kehormatan mereka. Onna-bugeisha lahir dari sana. Berbeda dengan kebanyakan negara yang tidak memperbolehkan wanita ikut berperang, para wanita di Jepang justru harus belajar menggunakan pedang, sejenis naginata dan kaiken, juga berlatih tantojutsu untuk melindungi diri mereka dari berbagai ancaman. Pelatihan para wanita ini biasanya bertujuan agar wilayah-wilayah di Jepang tidak kekurangan prajurit perang, meskipun jumlah petarung laki-lakinya sedikit.

Onna-bugeisha, jepang, budaya jepang, samurai

Jenis pedang yang paling umum digunakan oleh para Onna adalah Naginata, yaitu sejenis pedang panjang yang ujungnya sedikit membengkok. Pedang ini terkenal efisien dan fleksibel dalam membentuk gerakan, sehingga banyak petarung menyukainya. Oleh sebab ini jugalah, pedang ini menjadi pelengkap citra diri dari para pendekar wanita - pedang ini seperti halnya, katakana yang dipunyai oleh Samurai.

Comments