-->

Di Pasar Tsukiji, Seekor Tuna Sirip Biru Terjual 155,4 Juta Yen

Sabtu lalu (5/1/2013), seekor tuna sirip biru seberat 222 kg berhasil memecahkan rekor dalam lelang pertama awal tahun 2013 di Tsukiji, Tokyo -pasar ikan terbesar se-Jepang. Harganya selangit, 155,4 juta yen atau setara USD 1,3 juta -mengalahkan catatan rekor lelang tahun sebelumnya yaitu 56,49 juta yen.

mencatat jepang -Di Pasar Tsukiji, Seekor Tuna Sirip Biru Terjual 155,4 Juta Yen

Adalah Kiyoshi Kimura, pembeli yang rela merogoh kocek sebanyak itu (dia juga membeli ikan tuna pada rekor lelang tahun lalu). Dia ini pemilik pengelola jaringan restoran sushi Kiyomura Co. Walaupun harga tunanya agak mahal, Kiyoshi Kimura berharap hal ini akan terus mendorong Jepang untuk menyediakan ikan tuna yang berkualitas. Karena, orang-orang Jepang gemar memakan ikan hasil tangkapan sendiri.

Nantinya, ikan tuna ini akan diolah menjadi sushi yang akan dihidangkan di restoran-restorannya. Harganya dibanderol antara 128 hingga 398 yen setiap irisnya.

Ikan tuna sirip biru digemari lantaran ikan ini memiliki citarasa lembut dan ringan, cocok dengan lidah orang-orang Jepang. Hampir tiap restoran sushi Jepang menyediakan menu berbahan ini.[]

1 comment

  1. Interesting thoughts, I really enjoyed your blog.