-->

Hayao Miyazaki

Hayao Miyazaki dan karakter dari anime-animenya.

Hanya beberapa gelintir mangaka yang saya kenal lewat karyanya yang masuk ke Indonesia. Eiichiro Oda (One Piece), Masashi Kishimoto (Naruto), Akira Toriyama (Dragon Ball), Osamu Tetzuka (Astro Boy), dan beberapa lainnya yang tidak saya sebutkan satu-satu. Tapi, yang ingin saya bicarakan di sini bukan sosok-sosok di antara mereka. Saya ingin membicarakan tentang Hayao Miyazaki. Siapa dia?

Hayao Miyazaki lahir di Bunkyo, Tokyo, tanggal 5 Januari 1941. Dia seorang mangaka yang terkenal di Jepang. Salah satu karyanya yang saya kenal adalah anime Ponyo, yang pernah saya tonton beberapa tahun silam. Namun, karena tidak begitu suka dengan gaya gambarnya, saya tidak begitu menyukai film tersebut.

Bersama teman seperjuangannya, Isao Takahata, dia mendirikan stuido anime. Walaupun bukan studio film anime pertama di Jepang. Tapi, studio Ghibli, berhasil membuat film yang menggaet piala Oscar bergelar "Best Animated Featured Movie" - Spirited Away.

Karena ini hari ulang tahunnya, mari kita mengucapkan: Selamat ulang tahun Miyazaki-San![]

Comments