-->

Film Kartun Jepang Hyouka - Menguak Kehidupan Sekolah yang Penuh Misteri

Pada awalnya, aku menonton film kartun Jepang Hyouka ini karena telat memindah channel Animax ke HBO setelah menonton Hunter X Hunter. Kali pertama melihat, jujur, aku kurang tertarik. Plotnya yang jadi masalah. Tapi satu episode yang kutonton, entah episode berapa, membuatku tertarik. Kalau tidak salah episode di mana Houtarou memecahkan kasus siapa pembunuh Tuan Kaito dalam film thriller amatir yang dibuat klub film di sekolahnya.

Dari situ, aku kemudian bertanya-tanya, apa sih film kartun Jepang Hyouka ini? Setelah mencari referensi dari berbagai sumber di internet, berikut ini adalah hasilnya.

Sinopsis film kartun Jepang Hyouka

Hyouka merupakan film kartun Jepang yang dirilis tahun 2012 lalu, hasil adaptasi sebuah novel berjudul Hyouka, yang ditulis oleh Yonezawa Honobu.

Sinopsis film Hyouka

Secara garis besar, serial ini mengisahkan tentang Oreki Houtarou yang dimintai tolong Oreki Tomoe (kakaknya) untuk masuk ekskul sastra klasik yang dinamai kotenbu. Pasalnya ada gosip yang menyebutkan jika tidak ada satu murid pun yang masuk kotenbu dalam angkatan Houtarou, maka kotenbu akan dihapus. Tomoe yang mantan anggota kotenbu tidak mau itu terjadi. Itulah alasan Tomoe menyuruh Houtarou masuk kotenbu. Houtarou sendiri mau tak mau mengikuti permintaan kakaknya. Jika menolak, dan kakaknya marah, Houtarou tahu akibatnya. Maklum Tomoe ahli aikido dan seni bela diri lainnya.

Houtarou pun masuk kotenbu bersama sahabatnya sejak SMP, Fukube Satoshi. Keduanya masuk kotenbu usai bertemu dengan Chitanda Eru, gadis yang masuk kotenbu untuk alasan yang belum diketahui. Selang satu bulan berikutnya, anggota kotenbu bertambah satu orang lagi, yaitu Ibara Mayaka. Motivasi Mayaka masuk kotenbu adalah supaya bisa dekat dengan Satoshi, gebetannya.
Lewat kotenbu inilah mereka berempat memecahkan misteri yang terjadi di sekolah mereka, SMA Kamiyama!

Oiya, tidak lengkap rasanya membuat sinopsis film kartun Jepang Hyouka ini tanpa membeberkan tokoh-tokoh di dalamnya. Oke, langsung saja aku kasih ya.

Karakter utama film Hyouka

Gambar kartun Jepang Oreki Houtarou

Oreki Houtarou. Kelas 1 SMA. Kepribadiannya bisa dikatakan pemalas, jika berhubungan dengan sesuatu yang tidak disukainya. Begitu diminta untuk memecahkan suatu kasus atau misteri, apabila tertarik, Houtarou pasti akan langsung bersemangat. Dia pasti akan menganalisa kasus atau misteri tersebut sampai selesai. Motonya: "Yaranakutemo ii koto na no yaranai, Yaranakereba ikenai koto nara temijikani" (Jika aku tidak perlu melakukan sesuatu, maka takkan melakukannya. Jika aku harus
melakukannya, maka harus dilakukan
dengan cepat.

Gambar kartun Jepang Fukube Satoshi

Fukube Satoshi. Sahabat Houtarou sejak SMP. Dia punya kepribadian hampir sama dengan Houtarou: melakukan sesuatu yang menurutnya menarik. Dia bahkan menjuluki diri sendiri sebagai database informasi SMA Kamiyakama. Ingatannya sangat baik dan paling demen melawak.

Gambar kartun Jepang Chitanda Eru

Chitanda Eru. Dia ini putri semata wayang dari keluarga Chitanda - salah satu keluarga yang punya energi paling besar (menurut Satoshi). Eru mengikuti kotenbu untuk alasan yang belum diketahui. Jika ada misteri, Eru takkan berhenti memikirkannya sampai terpecahkan. Jika tidak bisa memecahkannya, dan mau tahu, dia akan berkata, "Atashi kini narimasu" (aku ingin tahu). Ucapan itu menjadi bel penanda bagi Houtarou untuk bertindak memecahkan misteri yang ada.

Gambar kartun Jepang Ibara Mayaka

Ibara Mayaka. Teman sekelas, sekaligus musuh, Houtarou sejak SD. Dia punya mulut berbisa, yang mengeluarkan kata-kata tajam. Hal itu menyebabkan pertengkaran dengan Houtarou. Cinta pertamanya adalah Satoshi, mulai naksir sejak SMP, dan menjadi alasannya masuk kotenbu. Karakternya muncul kali pertama pada episode 2.

Nah, itu saja sih pengetahuan yang kuketahui tentang film kartun Jepang Hyouka ini. Kalian harus menonton langsung supaya bisa merasakan ketegangan yang ditimbulkannya.

Comments