-->

Riwayat Tradisi Orang Jepang Memakan Kue Mochi

Kan gini, kue mochi identik dengan pas perayaan imlek. Tapi, nggak ada yang tahu pasti, bagaimana dan dari mana asal kue mochi. Ada sih yang bilang dari negeri tirai bambu alias Tiongkok. Yang jelas, penganan yang terbuat dari beras ditumbuk ini sudah ada untuk perayaan tahun baru para bangsawan Jepang sejak periode Heian (tahun 794 - 1185). Berbagai jenis mochi digunakan sebagai sesembahan kepada kekaisaran saat upacara keagamaan. Itu terjadi awal abad ke-10. Catatan tahun 1.070 menyebut kue beras dengan "mochii" dengan dobel "i". Baru, sekitar abad ke-18, orang-orang menyebutnya dengan "mochi" dengan satu "i".

Mochi standar tanpa perasa warna-warni.

Para ahli berdebat tentang teori tentang asal muasal penamaan mochi. Salah satunya menyebutkan bahwa "mochi" berasal dari kata kerja "motsu" yakni 'untuk menahan atau memiliki'. Hal ini untuk menandakan bahwa mochi adalah makanan yang diberikan para dewa. Selain itu, "mochi" diidentikkan dengan "mochizuki" yang punya arti 'bulan purnama' dan "muchimi" yang punya arti 'lengket'.

Dulu, biasanya, mochi dimakan oleh petani Jepang pada musim dingin demi meningkatkan stamina mereka. Samurai juga suka makan mochi. Selain mudah disiapkan, mochi sangatlah mobile -maksudnya mudah dibawa ke mana-mana dan memberikan semangat kepada para samurai -karena, konon suara tumbukan dalam pembuatan mochi menandakan para samurai hendak maju ke medan perang.

Jadi, sudah tradisi bagi orang-orang Jepang memakan mochi.

Karena para samurai dan kekaisan periode Heian sudah tidak ada. Maka, diambillah semacam kultur: waktu yang tepat untuk memakan mochi. Dan waktu yang tepat itu adalah Tahun Baru Masehi -yang jatuh tanggal 1 Januari.

Itulah mengapa demi menyambut tahun baru, banyak orang Jepang melakukan mochitsuki mulai bulan Desember ini. Mochitsuki merupakan cara tradisional untuk membuat kue mochi -menggunakan palu kayu untuk menumbus beras dan dikukus dalam wadah batu atau kayu. Setelah beras melengket, adonan kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil untuk kemudian dibentuk menjadi bulat atau oval.

Simak saja pembuatan kue mochi dengan cara mochitsuki berikut ini.


Saat ini kue mochi sudah diproduksi secara massal di pabrik dan dijual di supermarket, mall dan toko kue. Namun, bagi yang ingin membuat sendiri di rumah, mereka bisa menggunakan mesin pembuat otomatis.

Foto berikut ini merupakan sampel dari kue mochi yang sudah diberi berbagai macam perasa yang manis-manis...[]

Comments